Bore up new Jupiter z 150cc

Bore up new Jupiter z 150cc. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan bagaimana cara bore up atau kohar mesin jupiter z new dan vega zr, memiliki spesifikasi piston 50 dan stroke 58 kini pengen ikutan tren spec 58an.. alias dibore up. Piston yang biasa digunakan kebanyakan orang biasanya kalo nggak blitz joy milik kawasaki juga bisa piston mengadopsi punya honda sonic ini gan. Untuk klep standar gunakan piston sonic aja udah bisa mendekati 13dk. Kalau pake piston blit joy ekor piston sebaiknya bisa dipapras ataupun dipotong biar ngga berisik suara klotak-klatik dilinernya gan hmm bikin berisik di mesin.

Dengan rumus V = ( 3,1416 x D x D x S ) / 4000, dimana D adalah diameter piston , S adalah panjang stroke. Maka didapat kapasitas baru sebesar 152,97 CC atau 153 cc. WOW!!! Penambahan hampir 40 cc adalah sebuah hal yang dapat dipastikan membuatmu bergetar saat menancap gas! Dengan tenaganya bakal 7 dk Tapi sabar dulu. . . Kita mau memodifikasi mesin dengan presisi.

Penambahan 40 CC pada silinder akan berimbas pada rasio kompresi, melonjak jadi 11,6 : 1, Berani? iya kalau pakenya Pertamax plus selalu haha kempros bisa bikin kanker di dompet gan huhu...Karna kompresi semakin tinggi menjadikan keawetan usia komponen pastinya malah menurun gan.
Bore up new Jupiter z 150cc


Noken as bagian pemasok bensin bisa di awali dengan membuka saat kisaran 30 derajat, dan saat 80 derajat tentunya , begitupun sebaliknya LSA lebar pas banget untuk yang masih ingin mempertahankan karburator kecil. LSA lebih sempit bisa dipakai untuk pemakaian karbu yang berventuri extra besar, pe28mm. Pertambahan luas venturi yang 10mm lebih mengindikasikan penambahan lift sekitar 30 %.







Bore up new jupiter z 150cc, ini tinggal penyesuaian pada cilinder head, porting masuk dan buang ditata ulang. Intake dibuat sebesar 25mm rata. Exhaust dilebarkan jadi 24mm. Modifan ini bila dipadu konfigurasi klep standar maka noken as sebaiknya dibuat tak lebih dari lobe lift 6mm. Sedangkan jika dipadu dengan klep sonic maka kreasi cam bisa dibuat hingga lift 7mm. Pastinya tenaga akan lebih berontak ga ad yang ter korupsi

Penataan dapur pacu kelar! Urusan knalpot perlu dihitung ulang. Tinggal lihat buku catatan modifikasi mesin, dilirik tabel dimana klep ex mulai membuka di kisaran 80 derajat, torsi puncak dipatok di 9,000 RPM, maka panjang pipa utama adalah 21,5 inches. Jika dikonversi, panjangnya sekitar 55 centimeter. Untuk menghitung lebar diameter dalam knalpot nya tinggal lihat rumus dibahawanya,

ID = sqrt ( cid / ( p + 3 ) x 25 ) x 2.1

p adalah panjang pipa knalpot dalam satuan inchi, maka didapat hasil sebesar 26 milimeter, wow… besar sekali. Untuk memperkuat torsi bawah, maka primary pipe kita putuskan memakai sebesar 24mm, sedangkan porting buang 23mm, baru pada secondary pipe kita lanjut sebesar 26mm. Kemudian menggembung semakin besar selaras dengan panjang knalpot. Pengaturan silincer, tinggal lihat halaman sebaliknya, lebih menyukai untuk karakter trek panjang atau pendek, bisa diatur dari silincer. Yang terpenting kita memiliki patokan dasar panduan arah modifikasi kita, semua lancar.
lagi buret ukur kompresi


Bore up new Jupiter z 150cc
Jupiter z new

Bore up new jupiter z 150cc, dengan karburator sebaiknya diupgrade pakai keihin pe28, kalau ad rejeki lebih di instal pakai pwk 28 palah lebih bertenaga. Untuk 153cc, venturi 28mm bakal sanggup melaju hingga 12000 rpm. Jadi meskipun cdi udah pake cdi brt unlimiter sebaiknya tetap bijak dalam menjaga rpm. Oya untuk yang aplikasi katup besar dan lift tinggi sebaiknya pir katup diganti dengan made in japan supaya ngga floating alias aman digeber panjang.

Sehat selalu, Imajinasi tanpa batas dengan mesin

ROSSY MOTOR

JL.Lawu-Solo-Karanganyar-Jawa Tengah

1 comment: Leave Your Comments