Salam hangat bagi pecinta modifikasi mesin di tanah air. Yap saat sudah dijaman era yang modern dengan mesin ber kapasitas cc besar tentunya menjadi tidak asing lagi dijaman yang modern ini. Tentunya dalam riset kali ini akan memodifikasi mesin ber cc kecil menjadi pesaing di cc besar yang akan mengguncang motor bercc besar sport lainnya hehe. Dengan cara bore up tentunya tapi aman buat harian lur.
Yap motor asal pabrikan YAMAHA yaitu X-RIDE. Motor bertransmisi automatic dengan cc yang hanya mencapai 115cc tepatnya 113,7cc ini kita upgrade menjadi 150cc tentunya lur. Dengan spesifikasi yang dari standarnya yang hanya mengandalkan piston dengan diameter x langkah 50 x 57,9mm ini mempunyai tenaga yang dihasilkan sebesar 7dk ini.
 |
X-Ride 150cc |
Diawali mengoperasi cylinder block yang dari bawaan standar pabriknya kita lengserkan dan dijejali dengan piston milik honda sonic dengan diameter 58mm lebih besar tentunya, namanya juga bore up lur upgrade mesin lebih menggila hehe. Kapasitas yang didapat bisa mencapai 152cc wauw ini baru motor matic tenaga kuda saingan motor kelas 150cc hehe.
Taluput juga dalam masalah bore up seperti ini hal yang terpenting adalah dimana bagian kepala silinder yang juga harus kita upgrade juga tentunya lur, dengan metode porting dan polish pada saluran in dan ex-nya. Taluput juga chamsaft ataupun noken as juga kita ganti dengan durasi yang lebih tinggi dari aslinya yang mempunyai durasi noken 265⁰ untuk in dan ex-nya lur, agar putaran atas lebih menggila dan kita mencari tenaga nafas panjang saat digeber di putaran rpm tinggi ini.
Dengan demikian yang dari standarnya dengan tenaga 7dk ini bisa tembus di angka11,30dk. 11dk saat mesin dikisaran 7,500rpm. Serta dengan tenaga torsi yang didapat mencapai 11,18nm pada putaran 6,600rpm. Yah lumayanlah lur daripada standarnya kan hehe.
Disektor percampuran bahan bakar dengan udara taluput juga diupgrade dengan menggunakan Injector vixion 1PA dan Throttle body milik Xeon RC 26mm. Karena dengan kapasitas silinder yang sudah besar dan pastinya membutuhkan asupan bahan bakar yang lebih besar daripada standarnya. Pemasangan throttle body juga tinggal plug and play, dikarenakan semua soket yang sama. Dengan hanya penyesuaian join throttle body yang ke filter udaranya saja agak diperbesar.
Dan dibagian cvt pada X-RIDE ini kita menggunakan roller yang kita perberat dikarenakan menghajar putaran menengah atas yang dari standar biasanya dipakai 9gram menjadi 10gram. Jadi saat digeber jauh mengejar rpm putaran atas akan menjadikan mesin menggila pada nafas yang panjang tentunya lur. Taluput saat pengetesan dijalan, saat dites dengan trek lurus mesin ini mampu menembus hingga putaran menengah atas menghajar pada km135/jam untuk motor matic ini sudah sangat menakjubkan bukan lur wauww.
Tetap Sehat, Selalu Semangat dalam berkarya
ROSSY MOTOR
JL.Lawu km1, Karanganyar-Solo-Jawa Tengah
kira-kira habis berapa bang
ReplyDeleteECU di ganti gk bang
ReplyDeleteMinta nomer yg bisa di hub
ReplyDeleteThe casino - Dr.MCD
ReplyDelete› Casino › Casino 순천 출장마사지 Feb 25, 2021 — Feb 25, 거제 출장마사지 2021 전라북도 출장마사지 I want to be 제천 출장마사지 the 양주 출장마사지 first player to review the gaming company we've named, and here I am in search of a great place for a casino