Bore up new jupiter z1 150cc

Motor sport 200cc sudah biasa bagaimana dengan motor bebek goreng 200cc hehe. Yap sudah banyak yang mengaplikasikan dalam bentuk motor bebek ber cc besar dari dunia balap drag hingga dunia road race maupun liaran lur. Dalam kali ini kita melakukan riset dalam motor bebek asal pabrikan Yamaha dengan cc yang hanya 115, yap motor Yamaha Jupiter z1 yang dikenal sebagai generasi muda baru sang legenda 201m Jupiter z,  tapi tampil beda dengan tidak lagi menggunkakan percampuran bahan bakar dengan konvensional ataupun karburator lagi tetapi dengan system Injeksi/Injection.

Yap dari segi body yang sudah tampil beda dengan desain dinamis yang memberikan kesan mewah dan dinamis saat dikendarai ini hanya masih berkapasitas cc kecil, sungguh mengecewakan lur hehe. Tapi tenang kita bisa memodifikasi ulang mesin pabrikan ini dengan cara kohar(korek harian). Langsung saja lur.

Dari segi cylinder block yang akan kita operasi pertama masuk keruang icu hehe, pelengseran piston bawaan yang cukup mungil ini kita lengserkan dan ganti denga diameter yang lebih besar dengan dari standarnya yang hanya 50mm ini diganti diameter 56mm milik blitz joy dipapas buntutnya, yang jika dihitung kapasitas mesin sudah mencapai 142,3cc yang bisa dibulatkan 145cc lur dengan kapasitas besar kompresi melonjak dia angka 11:1 ini lur yah lumayan besar hehe tapikan ini tahun 2017 yang artinya kurang cc segitu, motor lainnya aja sudah 150an. Maka kita buat diangka 150 lur dengan menggunakan metode stroke up,kan jaman modern bosku teknologi canggih hehe. Dengan juga
kompresi dihitung ulang biar keawetan usia komponen mesin terjaga
Bore up new jupiter z1 150cc

Yap bak crankcase mesin Jupiter z1 ini kita bongkar dengan metode geser big end dan jangan lupa untuk balancing kruk as. Yang diharapkan mesin tidak terlalu memberikan getaran yang dahsyat saat adanya penambahan langkah piston yang bergerak, dengan metode balancing ini dipastikan tetap akan meminimalisir getaran dahsyat pada mesin. Dijauhkan sejauh 3mm menjadikan penambahan langkah stroke 6mm untuk  dari standarnya 57,9 menjadi 63,9mm langkah strokenya dengan total kapasitas mesin menjadi 157cc wow matab jiwa lurr. Yang akan memberikan tenaga dan torsi yang maksimal pada mesin ini.

Dan untuk dibagian cylinder head atau kopnya pastnya metode porting polish dengan perubahan squish mengikuti diameter piston yang sekarang sudah 56mm agar ga mentok lur. Untuk setting dibagian ini kita serahkan pada sang master mekanik bengkel ROSSY MOTOR ini sendiri lur hehe biar lebih akurat. Dengan melengserkan klep bawaan dengan klep diameter 28mm untuk in dan exnya 24mm dengan metode back cut valve(potong buntut klep). Porting in lnlet dibabat hingga 24mm, dengan exnya berada di angka 22mm jangan lupa polish juga squisnya agar bahan bakar yang masuk leluasa lancar jaya lur hehe.

ECU juken
Chamsaft menggunakan papas an yang disetting didurasi 282⁰ dengan ketinggian liftnya 8,1mm untuk in dan ex 7,9mm. untuk asupan bahan bakar melengserkan ecu bawaan dengan ecu brt juken 2 untuk Jupiter z1 itu sendiri, kalkulasi perhitungan yang akurat dari sang mekanik mensetting asupan bb yang akan dihasilkan bisa menyentuh 14,1 hp, dengan torsi puncak dipatok di 9.000rpm. untuk pir klep menggunakan racing Kawahara lebih keras lur. Dbagian pembuangan atau area gas buang knalpot menggunakan kanalpot freeflow dengan settingan bengkel las yang sangat terpercaya dalam hal ubahan system gas buang clur.
Bore up new jupiter z1 150cc
riset z1

Jangan lupa tes ride saat riset, untuk menjajal sang generasi baru Jupiter z1 dengan system injeksi ini yang saat di tes trek lurus yang tembus 25dk pada putaran atasnya lur wauuw pantas saja bisa menjurai hingga ajang indoprix berkali-kali.

Tetap Sehat, Selalu Semangat dalam berkarya

ROSSY MOTOR
JL.Lawu km1, Karanganyar-Solo-Jawa Tengah

8 comments: Leave Your Comments

  1. Mau tanya om....pengerjaan brapa hari ya?
    Dan kena kisaran brapa biayanya?

    ReplyDelete
  2. perkiraan biaya habis berapa ya ? saya di karanganyar

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. om kalo misalkan boring aslinya di korter terus pake piston uk 58mm masih muat gak? soalnya ane juga pake 56 blitzjoy cuman masih berasa ada yang kurang.

    ReplyDelete
  5. injektornya susah,beda ma yamaha cc di atasnya,
    motor klo di oprek bikin pusing

    ReplyDelete