Yap mungkin dengan mengusung piston Honda tiger yang berdiameter 64mm bisa tembus hingga 185cc wah ini yang dinamakan motor sport body besar dengan mesin besar hehe.
Tapi tunggu dulu dengan mengusung cc besar tentunya buat harian perku kalkulasi perhitungan yang sangat akurat biar ga malah over heat maupun mogok dijalan lur hehe, dengan harusnya penataan ulang ruang kompresi agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu lemah perlu ditata ulang pada volume kubah ruang bakar terhadap volume silinder yang baru ini.
Bore up Byson 185cc |
Dengan klep standar apa mungkin? Mending jangan lah , mending dengan klep besar agar nafas pada mesin tidak cepat habis lur, mengandalkan klep in dan ex milik EE berdimensi 30,5mm untuk in dan 25,5mm untuk ex pastinya nafas panjang akan didapatkan. Tinggal pengaturan porting lur.
Dengan rumus diameter porting= diameter piston/sqrt(gas speed/(stroke x peak RPM) / 30000)
Dengan mengandalkan bor tuner dan sang mekanik dibalik bor tuner itu sendiri menjadi peran yang penting, karena sang seniman mesin saat memegang dan memporting ruang head silinder kamu itu akan ditentukan dengan seni dari ciptaanya hehe,ntuk area chamsaft atau noken as dalam motor byson ini mempunyai sedikit keunggulan ataupun kelebihan , yaitu rocker armnya yangcsudah memakai mekanisme roller, dengan kesimpulan minimnya gesekan dan halus dalam membaca durasi noken as itu sendiri. Dan untuk posisi bukaan klep nya terukur angka 0,15mm yang tidak jauh dari bawaan standarnya, namun durasi 1mm yang diperlebar ya seperti itulah kriteria noken as high performance hehe.
Untuk percampuran antara bahan bakar dengan udara itu sendiri, terpilihlah karburator PE28mm, yang skep kontan lur hehe dengan rumus .venturi = 0,65 x sqrt (CID x RPM). Ketemulah hasil dari venturi 28mm yang untuk mesin byson ini 185cc untuk mensuplai bahan bakar hingga mencapai 10,000rpm ini.
Dan setelah dari mesin jangan lupa pastinya untuk pipa pembuangan hasil percampuran dan bahan bakar tadi lur , ya knalpotlah , dari standarnya BYSON untuk knalpot dirasa kurang pas untuk perfoma memuncak kebanyakan lekukan sih dari standarnya, yah mau gimana lagi kalau tidak untuk dimodifikasi sendiri lur, jangan lupa buat pipa dari knalpot untuk lekukan yang seminim mungkin, dengan diameter pipa knalpot sih bisa ya untuk memakai 25mm, bila tenaga yang diinginkan besra bisa dengan 27mm.
Disektor pengapian untuk CDI dari satandar bisa dilengserkan dan diganti dengan CDI POWER MAX BRT ini lur!! Wuzzz dengan koil YZ sebagai pelecut pengapian yang mantab kedapur pacu.
Dan janga lupa untuk tes , bore up byson 185cc ini lur hehe, dengan hasil mengejukan saat riset dijalan yang nafas panajang tenaga terus bertamabah saat mengejar ninja 250 hehe, puas dengan hasil riset kali ini luarbiasaaaa.
0 komentar:
Post a Comment