Bore up Vario esp175cc
Sehat selalu untuk berkarya dalam hal modifikasi maupun riset mesin dalam dunia otomotif di Indonesia. Oke lur dalam artikel kali ini kita membahas motor Produk Terbaru yaitu Vario 150 esp yang akan dioperasi dan dibelah bagian mesinnya haha tepatnya ingin dibore up, agar tenaga aga terisi sedikit lur hehe
Standarnya aja dapur pacu vario ini hanya mampu memuntahkan 8,74 hp/8.600 rpm dan torsinya 8,2 Nm/6.500rpm. setelah volume silinder dibengkakkan menjadi 175cc naik jadi 10,54 hp/7.800 rpm. Sedangkan dengan torsi jadi 12,3 Nm/5.000 rpm, wah pastinya saat melaju dijalanan menjadi ngacir.
paket bore up Vario
Dengan naiknya 2hp pada motor Honda Vario150 ini bukan hanya bore up saja, sebelum itu piston yang digunakan pada vario150 ini untuk menaikkan volume silinder jadi 175cc ini menggunakan piston SRP, dengan diameter piston 62mm tipe forging. Dari kontruksinya piston flat ini jarak mendem antara piston saat di posisi titik mati atas (TMA) yang suadah terpasang packing kop atau silinder head ini dan bloknya, terukur 2mm, yang pastinya menghasilkan rasio kompresi sebesar 11:1.
cvt vario
Rasio yang sebegitu cukup untuk motor matic. Dengan paket bore up yang tidak terlalu ekstrem ini adalah motornya buat harian hanya dibikin ngacir dikit in lur.. hehe. Bisalah diperbesar lagi piston untuk menaikkan volume sillinder menjadi 200cc tapi agak beresiko untuk diajalanan sebagai harian kan udah termasuk ekstrem buat mtor bebek matic ini lur hehe. Yang penting dengan keakuratan perhitungan dan juga kematangan sang mekanik saat mengkreasikan mesin yang ada dihadapannya.
Untuk kustom chamsaft pun durasinya dibikin 260° untuk klep in vario 150 ini. Perhitungan chamsaft atau noken as ini pun dibikin isap saat 27° sebelum TMA dan menutup 53° di TMB. Sedangkan dengan durasi noken as ex dipatok 264°, dan membuka saat 55° sebelum TMB dan menutup 29° setlah TMA. LSA-nya, berada di 103°. Tinggi angkatan saat putaran bawah nya hanya naik 0.8mm dari standarnya, Perhitungan tersebut diutarakan oleh mekanik sang bengkel Rossy Motor yang sedang menggarap motor Honda vario 150 menjadi 175cc ini.
Vario 150 esp
Sistem injek daripada Honda vario ini , sang mekanik menggunakan ECU atau piggyback untuk Honda vario ini, melainkan hanya upgradre injector menggunakan keluaran SRP untuk Yamaha V-Ixion. Karna V-Ixion ini mempunyai daya semprotan yang cukup lumayan dengan 200 c/menit. Jangan lupa soketnya harus juga punyanya V-Ixion karena beda dengan vario.
Saat dites pun si Honda vario ini mampu menyentuh di angka 155km/h dengan trek lurus dan gas hanya setengah wahh tambah lagi bisa lah dengan knalpot racing dan porting polesh bagian kepala silinder haha, segitu aja sudah bisa membuat bulu kudu merinding.
Thanks untuk support selalu Otomotif Indonesia
Salam 201m
0 komentar:
Post a Comment