Dengan spesifikasi standarnya yang hanya diameter bore x stroke = 55,2mm x 53,5mm terdapatlah cc mesin standarnya yang hanya 127cc ini dibulatkan menjadi 125cc. Yap dengan cc standar mana mungkin bisa menghasilkan tenaga dan power yang lebih kuat, jadi kita bongkar dari bagian crankcase lur.
Cranckcase yang dibelah kemudian kruk as nya digeser 5mm, yang penambahan menjadi langkah total 10mm, dengan penggeseran langkah yang panjangnya dari 53,5mm dirbah menjadi 63,5mm ini, berpengaruh terhadap power dan torsi yang diraih menjadi lebih besar daya powernya. Meningkatkan tenaga bawah menengah ini lur yang akan menjadikan power dari motor ini lebih menggila lur.
kruk as gahar |
Silinder head atau bureng milik shogun ini dilengserkan piston yang tadinya Cuma 55,2mm menjadi 63,5mm, yang tentunya mengadopsi piston milik Honda tiger yang oversize standar dengan diameter 63,5mm. masukkan rumus perhitungan, dan ketemulah angka 200,9cc dengan pembulatan 200cc yang menggunakan stang piston itu sendiri dengan lubang pen milik tiger yang 15mm ini untuk shogun dibesarkan 1mm untuk pen piston, wauw penambahan cc yang banyak, dan untuk kompresi pada motor ini karna cc sudah besar dan ketemulah di angka 13,8:1 dengan karakter silinder kop menjadi semi bathub, pas dengan pertamax ini lur hehe.
Dibagian kop dengan chamsaft atau noken as itu sendiri durasi yang diberikan di angka 281⁰ di in, dan 278⁰ di ex nya. Klep isap yang membuka diangka 32⁰ sebelum TMA dan menutup 69⁰ setelah TMB, sedangkan klep buang membuka diangka 68⁰ sebelum TMB dan menutup diangka 30⁰ sesudah TMA. Dengan tujuan tenaga putaran atas terus mengisi memiliki nafas panjang saat putaran atas.
Mengandalkan karakter kop bathub tadi kem ataupun klep dari standarnya dilengserkan dan penggantian klep EE yang mempunyai diameter in 32mm dan ex 28mm karna sudah berkarakteristik bathub dengan lubang porting in lebih diperbesar hingga menuju payung klep itu lur.
Disektor percampuran bahan bakar dan udara sudah sepenuhnya dipercayakan karburator PE28mm yang masih direamer di angka 30mm dalam venturinya. Begitu pula disektor pengapian sudah pastinya percikan bunga api diperbesar dengan adanya CDI BRT powermax dualband yang akan membakar habis bb diruang bakar dan menjadikan limit menjadi unlimited lebih besar dan panjan pada putaran mesin hingga 20,000rpm. Wauw untuk mesin berkapasitas besar memang cocok dengan cdi ini lur.
Untuk exhaust atau knalpot pastinya bisa dengan model freeflow yang akan membantu tenaga putaran atas menjadi panjang dan loss saat digeber lur. Dengan saat test ride dijalan sebelum dikembalikan kepada sang rider asli yaitu pemilik motor ini sendiri lur hehe pelanggan bengkel rossy motor. Dan saat test dari putaran mesin bawah menengah sangat mengejutkan torsi tenaga yang didapat berlimpah dengan nafas yang panjang cocok buat harian ini hehe yang penting dijaga saat mengendarainya lur hehe, karna menghargai pengguna jalan yang lain hehe biar kita juga bisa tertib lalulintas hehe.
Tu foto noken as dari mana mas
ReplyDeleteMas boreXstroke nya yang benar 53,5X55,2 jadi cc nya 124,xxx
ReplyDeleteBaru kali ini saya tau kalo HONDA ngeluarin produk Shogun 125?🙄🙄🙄🙄
ReplyDeleteKompresinya gede banget 13,8..apa benar tuh gan.
ReplyDeleteBingung aku waduh waduh.
ReplyDeleteBingung aku waduh waduh.
ReplyDeleteGobloke nemen,
ReplyDeleteMinta no hpnya om ?
ReplyDeleteNgopi sek lur
ReplyDelete