Bore up beat harian 145cc



Salam hangat tetap sehat dan semangat dalam berimajinasi tentang dunia mesin. Dalam postingan kali ini tips mengenai bore up motor Honda beat 110cc. Motor pabrikan Honda yang gemar disukai kaum hawa yap karna desain yang dinamis dan mini ini banyak para remaja yang tertarik dengan motor ini, sampai-sampai sudah banyak yang menurunkan motor ini di ajang balap.

Bore up beat 145cc, ya banyak mengeluh tentang tenaga pada motor ini, yaiyalah cuma 108cc dibulatkan menjadi 110cc tentu standar pabrik bosku hehe. Riset kali ini menjadikan motor matic mini  imut lucu ini menjadi gahar tapi tetap imut. Dengan membuka block silinder dan melengserkan piston standar spesifikasi mesin pabrikan berdiameter x langkah stroke = 50x55mm ini akan kita ubah piston dengan diameter 55mm bisa pakai milik kaze oversize200, kalau kami pakai piston TDR pendek agar tidak mentok buntut ke krukas nya, dengan stroke standar ketemulah 130,6cc.wuz dah lumayan lah mantabnya.


Pindah ke cranckcase milik Honda beat, big end digeser sejauh 3mm, penambahan langkah total menjadi 6mm stroke up ini membuat torsi tenaga lebih besar saat mesin digeber pada putaran bawah menengah, saat dihitung dengan bore up cc yang dihasilkan menjadi 55 x 61mm = 144cc wauw dengan pembulatan menjadi 145cc , bagi motor ini pastinya sudah menjadikan si imut lebih gahar saat dijalan hehe.

Untuk silinder kopnya porting polish sangat diperlukan, agar saat bahan bakar udara masuk dengan leluasa, dan untuk silinder kop klep standar bawaan dari beat dilengserkan dan diganti klep in28mm dan untuk ex nya diangka 23mm, dengan durasi chamsaft atau noken as nya durasi dibuat 260⁰ dengan klep in membuka di angka 25⁰ sebelum TMA dan menutup ex nya di angka 55⁰ menutup setelah TMB. Dan untuk klep ex nya membuka55⁰ sebelum TMB dan menutup 25⁰ setelah TMA.
Dan untuk rasio kompresi disetting di angka 12,6:1 untuk bisa diisi bahan bakar pertalite tanpa harus pertamax plus lur.

Untuk percampuran bahan bakar dengan udara dipercayakan pada PE28mm dengan settingan sang mekanik yang handal dari ROSSY MOTOR , dan perubahan main jet 140  dan pilot jet di angka 17, yang disetting 2 step besarnya. Karburator ini yang akan mengisi tenega putaran atas tenaga selalu mengisi.

Bagian cvt maupun roller dari standarnya diganti roller racing 9gram, tidak perlu hingga 7 atau 5gram, karna  tenaga putaran bawah menengah sudah mendapatkan torsi yang besar pada kruk as yang digeser 3mm. Dan cvt bisa mengadopsi spek 1.500rpm.

Dengan sektor pengapian didukung CDI BRT powermax dualband  yang akan memberikan percikan bunga api lebih besar untuk membakar habis bahan bakar diruang silinder blok, hingga bisa rpm tinggi tanpa limit dari batasan pabrik.










Tinggal gas lur saat diriset bisa tembus hingga menyentuh 120 kpj dirpm rendah lur . dengan .dipasang knalpot buatan las sendiri yang sudah terpercaya, disetting  freeflow saat digeberpun bb keluar bersih karna adanya dukungan dari  itu sendir.  
Bore up beat harian 145cc

Selalu semangat dalam berinovasi dunia otomotif

ROSSY MOTOR

JL.Lawu km01, Karanganyar-Solo-Jawa Tengah

0 komentar:

Post a Comment