Salam hangat tetap sehat dan semangat dalam berimajinasi
tentang dunia mesin. Dalam postingan kali ini tips mengenai bore up motor Honda
beat 110cc. Motor pabrikan Honda yang gemar disukai kaum hawa yap karna desain
yang dinamis dan mini ini banyak para remaja yang tertarik dengan motor ini,
sampai-sampai sudah banyak yang menurunkan motor ini di ajang balap.
Bore up beat 145cc, ya banyak mengeluh tentang tenaga pada
motor ini, yaiyalah cuma 108cc dibulatkan menjadi 110cc tentu standar pabrik
bosku hehe. Riset kali ini menjadikan motor matic mini imut lucu ini menjadi gahar tapi tetap imut.
Dengan membuka block silinder dan melengserkan piston standar spesifikasi mesin
pabrikan berdiameter x langkah stroke = 50x55mm
ini akan kita ubah piston dengan diameter 55mm bisa pakai milik kaze
oversize200, kalau kami pakai piston TDR pendek agar tidak mentok buntut ke
krukas nya, dengan stroke standar ketemulah 130,6cc.wuz dah lumayan lah
mantabnya.
Pindah ke cranckcase milik Honda beat, big end digeser
sejauh 3mm, penambahan langkah total menjadi 6mm stroke up ini membuat torsi tenaga lebih besar saat
mesin digeber pada putaran bawah menengah, saat dihitung dengan bore up cc yang
dihasilkan menjadi 55 x 61mm = 144cc
wauw dengan pembulatan menjadi 145cc , bagi motor ini pastinya sudah menjadikan si imut lebih gahar saat
dijalan hehe.
Untuk silinder kopnya porting polish sangat diperlukan, agar
saat bahan bakar udara masuk dengan leluasa, dan untuk silinder kop klep
standar bawaan dari beat dilengserkan dan diganti klep in28mm dan untuk ex nya
diangka 23mm, dengan durasi chamsaft atau noken as nya durasi dibuat 260⁰
dengan klep in membuka di angka 25⁰ sebelum TMA dan menutup ex nya di angka 55⁰
menutup setelah TMB. Dan untuk klep ex nya membuka55⁰ sebelum TMB dan menutup
25⁰ setelah TMA.
Dan untuk rasio kompresi disetting di angka 12,6:1 untuk
bisa diisi bahan bakar pertalite tanpa harus pertamax plus lur.
Untuk percampuran bahan bakar dengan udara dipercayakan pada
PE28mm dengan settingan sang mekanik yang
handal dari ROSSY MOTOR , dan
perubahan main jet 140 dan pilot jet di
angka 17, yang disetting 2 step besarnya. Karburator ini yang akan mengisi
tenega putaran atas tenaga selalu mengisi.
Bagian cvt maupun roller dari standarnya diganti roller
racing 9gram, tidak perlu hingga 7 atau 5gram, karna tenaga putaran bawah menengah sudah
mendapatkan torsi yang besar pada kruk as yang digeser 3mm. Dan cvt bisa
mengadopsi spek 1.500rpm.
Dengan sektor pengapian didukung CDI BRT powermax dualband yang akan memberikan percikan bunga api lebih besar untuk membakar habis bahan bakar diruang silinder blok, hingga bisa rpm tinggi tanpa limit dari batasan pabrik.
Tinggal gas lur saat diriset bisa tembus hingga menyentuh
120 kpj dirpm rendah lur . dengan .dipasang knalpot buatan las sendiri yang
sudah terpercaya, disetting freeflow saat
digeberpun bb keluar bersih karna adanya dukungan dari itu sendir.
0 komentar:
Post a Comment