Ninja r 150 Power Max

Salam otomotif Indonesia !!, dalam artikel kali ini saya sendiri akan membahas bagaimana cara meningkatkan tenaga  putaran atas pada motor 2tak pabrikan kawasaki tersebut, yaitu apalagi kalo bukan sang incaran para pemuda hingga dewasa haha . Yap Kawasaki Ninja 150r siapa lagi yang gak ingin memiliki motor yang super kencang ini haha , para remaja kaum hawa akan kagum pastinya kalo ada yang naik ninja haha.
Sang ninja 2tak haha motornya anak muda ini akan kita brodolin mesinyya haha, karna manusia diberikan nikmat yang berlimpah oleh tuhan dan juga diberi akaluntuk selalu berkarya, kenapa nggak untuk berkarya di hal dunia mesin ini hehe, langsung sala lur.
Dalam 2tak sudah berbeda dengan 4tak tau sendirilah lur tiadanya noken as,dan klep maupun per klep, jadi dari basicnya saja sudah beda dengan 4tak kan. Standarnya aja untuk 2tak udah kenceng lur 4tak lewat. Pertama kop sang ninja dilepas diusung kemeja bubut untuk dipapas lur tapi harus ditukang bubut yang ahli ya kop ninja mahall haha. Pemapasan pada silinder headvini dipapas hingga 0,8mm kemudian membentuk ulang squish head dengan kemiringan 13derajat dengan lebar squish 8mm. kita disini menjaga agar kompresi tidak terlalu tinggi lur karna sang pemilik memakai untuk harian bukan buat drag maupun spec semi balap, bisalah ditinggikan kalo untuk semi balap, tapikan gabisa buat harian terus menerus jalan jauh bisa panas dan duarr haha duh kanker dompet jadinya huhu. Dan untuk head ninja bisa juga diberikan Nat 0,3mm diameter squish 59mm. Karna clereance piston ninja tipis banget dibibir blok lur.
ninja r engine
Untuk area silinder blok ini bisa dengan bor tuner ke lubang didalam blok. Sasaran utama tentunya untuk gas buang ataupun exhaustnya , dilebarkan menjadi 40mm supaya tenaga diputaran atas akan lebih merata besarnya , total tinggi exhaust sampai tma dibikin jadi 31mm inin sama aja memperlama durasi daripada exhaust itu sendriri agar mengimbangi kompresi yang naik dari papasan kop, lubang transfer bahan bakar ditinggikan pada 0,5mm. Hasilnya pun melonjak pada 30%  putaran atas.
Untuk membrane standar pada metalnya diganti dengan carbon, keuntungannya katup ini tidak mudah retak maupun pecah terkena tekanan tinggi sehingga bisa dipastikan motor ga akan kacau atau susah untuk dihidupkan lagi lur. Harusnya sih vforce tapi apadaya dana tidak mengkehendaki lur hehe.
porting
Untuk kampas kopling kita pakai punya Yamaha scorpio, dengan pir kopling diganti punyanya tdr-racing, untuk mengimbangi torsi dari karburator yang direamer jadi venture 30mm dengan komposisi main jet basah tentu supaya putaran atas ngga gampang macet pistonnya lur. Untuk knalpot ini sang pemilik memilih dibagian andyspeed yang dicustom ulang lur agar putaran atas bisa makin ngacir lur. Suaranya pun wuih cring cring seperti senar gitar haha.
dyno test
Saat dites sang rider sendiri sudah mencoba gig 6nya yang nimbus 180kpj dijalan tapi gas belom habis, sudah dipastikan saat dites di meja dyno. Dan ternyata hasilnya pun waow dengan peak power 31dk @ 10,500rpm dari standarnya yang hanya 26dk. Dan power 12,000rpm bertahan di 30,2dk dari standarnya yang hanya 23dk. Mantab jiwa lur sudah dipastikan power yang didapat saat berkendara bisa membuat bulukudu berdiri merinding haha . sekian itulah saat bengkel kami rosyymotor mengoperasi pasien ninja ini haha, salam otomotif 201m . gas lur


1 comment: Leave Your Comments