Bagian dari silinder block pun dibuka dan dilengserkan piston bawaan Honda beat ini dan di kasih milik seher berdiameter 56mm bisa pakai punyanya blitz joy maupun kaze oversize sih, tapi kita pakai kawahara piston kit, yap liner dan piston standar dilengserkan dan diganti dengan milik kawahara yang pendek ini, dengan perhitungan rumus ketemulah 135ccyap penambahan 25cc lumayanlah tinggal langkahnya. Dengan bentuk dome flat yang tidak menonjol karna kita pakai piston kawahara dengan bentuknya yang pendek serta dapat mengukur kompresi agar tidak terlalu tinggi dan tidak mentok sang klep itu sendiri, jadi gaperlu packing banyak hehe.
Untuk,bore up beat fi 150cc, Bak carankcase pun dibelah dan big end dari motor Honda beat ini langsung digeser sejauh 3mm gausah terlalu jauh malah kejauhan ga sampe-sampe hehe, namanya juga untuk harian kan gausah terlalu extreme hingga 5mm maupun 7mm, sebenernya 2,5mm sudah cukup untuk menghasilkan tenaga yang cukup besar untuk trosi daya dorong motor matic ini lur. Ya tapi nanggunglah 0,5mmnya kasihan gak diajak hehe. Saat dihitung keseluruhan tercapailah angka 142cc dibulatkan di 145cc ini.
Wahhh sudah 145cc masa tidak dinporting tentunya kepala silinder atau kop silinder ini kita porting dong, dengan metode porting polish pada in dan ex nya. Untuk klepnya kita bisa ganti dibagian diganti dengan angka 28mm, dan untuk ex nya bisa memakai 24mm.
Dengan durasi noken as atau chamsaftnya dirubah dibikin durasi 276° dibagian in, dan 275° dibagian ex. Dengan ukuran liftnya dibuat tinggi hanya 8,2mm jangan terlalu tinggi bukan buat trek pendek tapi harian
Dan bagian injector dan throttlenya perlu diganti dengan menggunakan milik vario 125, jadi bahan bakar yang masuk bisa diatur oleh system injeksi dan tetap sesuai dengan ECU, untuk ECUnya perlu dirubah karna sudah dibore dan stroke up ini lur. Dengan Daytona pro ECU ini bisa kita pilih settingan tampilan grafik yang jelas,dengan fittur lengkap sperti fuel base map, ignition timming, dan acceleration, deceleration,injector timming dan lainnya, dengan finishing pada ECU ini bisa memberi ekstra 2-3dk, wuihh mantab dah nih motor ntar hehe. Dengan sensor afr yang menera campuran udara dan bahan bakar ini tinggal atur map target sesuai yang diinginkan lur.Dan disektor cvt ini masih mempertahankan orisinl bawaan pabrik, hanya saja penggantian roller menjadi enteng yakni di 9gram dengan 6buah.
Dan jangan lupa tes ridding yap lur, saat di tes pun hasil yang cukup lumayan untuk motor matic ini dengan dyno test 13.62hp pada rpm 7200rpm, trosi maksimum di angka 14.44nm puutaran mesin 6500rpm wauwww, dan bisa tembus saat ditrek lurus hingga 125kpj wauww ,gas lurr hehe masih bisa naik lagi dengan nafas yang diatur terus mengisi supaya torsi tenaga besar cepat diraih hingga 135kpjlah.
Untuk sektor exhaust atau pembuangan bisa pakai knalpot freeflow, kita pakai creampie yang disetting ulang menjadi freeflow lebih mantab.
Pake blok itu coak krengkes nya ngak mas
ReplyDeleteUntuk per klepnya gimana tuh om ?
ReplyDelete